rahmad dharmawanJAKARTA-(TibunOlahraga.com) Pelatih Timnas Indonesia U-23 Rahmad Darmawan (RD) meminta anak asuhnya bermain lebih tenang dan tidak terburu-buru saat menghadapi Kamboja pada pertandingan perdana Grup B SEA Games 2013 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Senin (9/12).

“Kita harus lebih fokus. Anak-anak harus bisa bermain lepas dipertandingan pertamanya. Tentunya kami menginginkan bisa menang tapi dalam permainan yang enjoy dan tidak terburu-buru,” kata RD saat dikonfirmasi dari Jakarta, Minggu.

Menurut dia, pertandingan pertama sangat penting untuk membangkitkan semangat dan motivasi pemain. Apalagi di Grup B dihuni tim-tim kuat yang telah membuktikan kemampuannya seperti Thailand dan tuan rumah Myanmar.

Ditanya kemampuan calon lawan Timnas Garuda Muda, pria kelahiran Metro Lampung itu menegaskan, jika Kamboja mempunyai pemain yang memiliki kecepatan. Bahkan pada pertandingan pertama melawan Myanmar tidak diturunkan.

“Tiga pemain kunci mereka tidak dimainkan pada pertandingan pertama. Itu harus diwaspadai. Mereka juga memiliki kecepatan untuk melakukan serangan,” katanya menambahkan.

Selain memiliki kecepatan, kata dia, pemain Kamboja juga memiliki keberanian untuk melakukan serangan dengan kombinasi passing yang membahayakan. Untuk itu pihaknya telah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi Kamboja.

“Tentu kita harus bagus dalam mengcover sekaligus cermat dalam memutuskan serangan balik yang efisien. Itu yang harus dilakukan pemain pada pertandingan nanti, kata mantan pelatih Arema Indonesia itu.

Demi meraih hasil maksimal, RD akan menurunkan pemain terbaik yang ada saat ini. Apalagi semua pemain yang dibawa dalam kondisi siap tempur dan tidak ada pemain yang cedera.

“Semua pemain siap diturunkan. Yang jelas kita harus memaksimalkan pertandingan nanti,” kata mantan pelatih Sriwijaya FC itu.

Pada SEA Games 2013, Timnas Garuda Muda masuk di Grup B bersama dengan Myanmar, Timor Leste, Kamboja dan Thailand. Dan dikejuaraan ini Andik Vermansyah dan kawan-kawan ditargetkan mampu membawa pulang medali emas.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR