JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
Timnas Indonesia dituntut menang saat melawan Thailand pada pertandingan Grup B SEA Games 2013 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Kamis (12/12), demi mengamankan peluang lolos ke semifinal.

Jika mampu menang atas Thailand, maka Andik Vermansyah dan kawan-kawan menempel tuan rumah Myanmar yang telah mengemas enam poin dari dua pertandingan yang telah dijalani.

“Bermain lebih rilek adalah kunci untuk meraih hasil terbaik pada pertandingan nanti,” kata pelatih Timnas Indonesia U-23 Rahmad Darmawan saat dikonfirmasi dari Naypyitaw, Rabu.

Perjalanan Tim Garuda Muda di SEA Games 2013 memang cukup berat. Tuan rumah Myanmar yang sebelumnya kurang maksimal ternyata mampu mengejutkan semua kontestan di Grup B. Bahkan mampu unggul 3-0 atas Kamboja.

Kondisi berbeda didapatkan Indonesia. Meski mampu meraih tiga poin atas Kamboja, dalam produktivitas gol masih rendah karena hanya menang 1-0. Gol terbesut bahkan baru tercipta pada menit 52.

Begitu juga dengan Thailand. Salah satu raksasa Asia Tenggara itu juga meraih hasil sempurna setelah mengalahkan Timor Leste dengan skor yang cukup meyakinkan yaitu 3-1. Kondisi jelas akan menjadi tantangan berat bagi Indonesia.

“Thailand diuntungkan dengan waktu istirahat yang cukup panjang. Mudah-mudahan kita tetap mendapatkan hasil yang terbaik,” kata pria yang akrab dipanggil RD itu.

Mantan pelatih Arema Indonesia itu menjelaskan, calon lawan yang dihadapi anak asuhnya memang memiliki beberapa kelebihan terutama dalam menyerang. Beberapa pemain juga memiliki skill yang bagus.

“Thailand saat ini memang berbeda dibandingkan sebelumnya. Tapi kita sudah mengantisipasi. Yang penting semua pemain harus maksimal,” kata mantan pelatih Sriwijaya FC itu.

Jika mampu mengalahkan Thailand langkah Indonesia kebabak berikutnya akan jauh lebih terbuka. Setelah menghadapi tim Negeri Gajah Putih, Ramdani Lestaluhu akan menghadapi Timor Leste dan tuan rumah Myanmar. TOR-02

TINGGALKAN KOMENTAR