Oleh: Bert Toar Polii
World Bridge Federation merubah sistim dan jadwal pertandingan World Bridge Series yang berlangsung 4 tahun sekali. Tahun ini dijadwalkan di Orlando, Amerika Serikat pada tanggal 21 September – 6 Oktober 2018. Ini adalah penyelenggaraan yang ke 15 kali dan sebelumnya tahun 2014 di Sanya, China. Nomor yang dipertandingkan adalah Rosenblum Cup untuk Open Team, Mc Conell Cup untuk Ladies Team dan Rand Cup untuk senior Team. Selain itu ada Kejuaraan Mixed Team dan Open, Ladies, Mixed serta Senior Pairs.

Semuanya adalah transnational atau boleh berbeda negara bergabung dalam satu team atau pasangan. Tahun ini ditambah lagi Youth World Trialthon dimana pemain bertanding dalam 3 nomor, team kemudian pasangan dan disusul individu.

Kembali kepada perubahan jadwal dan sistim pertandingan. Waktu tahun 2014 diawali dengan nomor Mixed baik team maupun pasangan.baru terakhir nomor open, ladies dan senior. Tahun ini dibalik menjadi diawali Open, Ladies dan senior baru nomor mixed. Sistim pertandinganpun dirubah lebih sederhana dibanding 4 tahun yang lalu. Semua pertandingan tim, babak kualifikasi hanya berlangsung dua hari.

Bermain sistim Swiss 10 session @ 10 board atau 5 session sehari. Selanjutnya untuk Open dan Mixed Team diambil 64 team untuk berlaga di babak knock-out. Sedangkan untuk Ladies dan Senior diambil 32 team. Setiap babak di babak knock out memainkan 4 segmen @14 board atau sehari selesai. Khusus babak final dimainkan 2 hari dengan masing-masing 3 segmen @ 16 papan.

Agar tidak pada pemain yang nganggur maka saat dimulai babak knock-out team telah berlangsung babak penyisihan pasangan. Babak penyisihan pasangan berlangsung 3 hari disusul semi final 2 hari dan final 2 hari. Pemain yang bertanding di babak-knock-out dan kalah masih bisa ikut pertandingan pasangan kalau mau tapi harus mendaftar. Biasanya diberikan waktu sampai pukul 20.00 sebelum berlangsung babak berikutnya keesokan harinya.

Tahun 2014 di Sanya, Indonesia cukup berhasil, diaman Henky Lasut/Eddy Manoppo menjadi juara dunia pasangan senior. Kristina Wahyu Murniati/Suci Amita Dewi meraih medali perunggu pasangan putri dan Tim putri Indonesia dengan para pemain Lusje Lusje O Bojoh, Joice Grace Tueje, Kristina Wahyu Murniati/Suci Amita Dewi dan Rury Andhani/Conny E. Sumampouw juga meraih medali perunggu.(Penulis adalah pemain dan kolumnis bridge di berbagai media)

TINGGALKAN KOMENTAR