Nurfitriyana Saiman (Foto/OLII)

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Belum maksimalnya penampilan tim panahan putri Indonesia di ajang Test Even Road to Asian Games 2018 di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta diakui pelatih Nurfitriyana Saiman karena selain tim ini masih dalam tahap seleksi juga penguasaan lapangan masih kurang.

Menurut Nurfiriyana, karena masih dalam tahap seleksi, hingga test event ini belum ada tim inti.’’Jadi hasil di test event ini sudah diprediksi sejak awal. Dan bagi tim pelatih test event ini juga menjadi ajang pemantauan sebelum membentuk tim inti,’’kata salah satu trio srikandi Indonesia peraih medali perak Olimpiade Seoul, Korsel 1988 itu.

Menanggapi penguasaan lapangan masih kurang, Nurfitriyana mengatakan karena selama ini para atlet panahan Indonesia berlatih di Surabaya, Jatim karena lapangan panahan GBK Senayan masih dalam tahap renovasi.

Dengan adanya venue baru di GBK, Diananda Choirunisa dkk memang masih harus banyak beradaptasi terutama angin.’’Sebagai tuan rumah tentu kita harus lebih banyak memanfaatkan keuntungan dalam hal penguasaan lapangan,’’tutur Nurfitriyana.

Oleh karenanya, lanjut dia, program ke depan jelang Asian Games, para atlet selain try out ke luar negeri juga sudah harus berlatih rutin di lapangan panahan GBK Senayan. Kalau try out tentu untuk selain mengasah teknik para atlet juga mental bertanding.

Teknik akan meningkat jika frekuensi pertandingan diperbanyak sehingga dengan tekhnik yang mumpuni, atlet punya kepercayaan diri dalam menghadapi lawan sekuat apa pun.’’Namun demikian faktor mental bertanding juga amat penting. Apalagi di cabang panahan, seorang atlet harus mampu memerangi diri sendiri sebelum menaklukkan lawan,’’tambahnya.

Dengan sisa waktu yang tinggal enam bulan, tim pelatih akan bekerja keras untuk memaksimalkan kemampuan para atlet. Setelah test event ini semua hal akan dievaluasi dan Nurfitriyana berharap atlet panahan putri, kemampuannya sudah jauh lebih baik pada saat Asian Games berlangsung.

Apalagi saat Asian Games berlangsung jumlah negara peserta akan lebih banyak dan sudah pasti mereka akan turun dengan kekuatan terbaiknya. TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR