Utut Akan Lobi Timor Leste Untuk Dukung Catur di SEA Games 2019

Utut Akan Lobi Timor Leste Untuk Dukung Catur di SEA Games 2019

43
0

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB.Percasi) GM Utut Adianto akan memperjuangkan cabang olahraga catur dimainkan di SEA Games 2019, Filipina. Sebagai tuan rumah, Filipina sudah pasti akan menerima catur dimainkan di pesta olahraga antar bangsa se-Asia Tenggara itu karena mereka memiliki pecatur kuat.

Namun persyaratan suatu cabang olahraga bisa dimainkan di SEA Games salah satunya adalah minimal didukung oleh empat negara. Hingga saat ini sudah tiga negara yang mendukung yakni Indonesia, Vietnam dan Myanmar.

Dalam jumpa pers resmi jelang JAPFA Chess Festival 2018 di Hotel Century Park Senayan Jakarta, Jumat, (9/11) Utut mengatakan akan melobi Timor Leste agar mendukung catur dimainkan di SEA Games 2019.

”Ya kita akan mendatangi Timor Leste untuk mewujudkan misi agar catur bisa diyerima di SEA Games 2019,”kata Utut Adianto.

Politisi yang juga Wakil Ketua DPR-RI itu memiliki kepentingan besar untuk menggolkan catur masuk SEA Games 2019 karena harapan untuk mendapatkan medali emas sangat besar.

=Filipina Tak Ada Masalah=

Salah satu legenda catur dunia asal Filipina, GM Eugne Torre memastikan cabang olahraga catur akan dimainkan di SEA Games ke-30 tahun 2019 di mana Filipina menjadi tuan rumah. Federasi Catur Filipina sudah melakukan pembicaraan dengan panitia SEA Games 2019.

”Sudah pasti karena catur merupakan salah satu cabor unggulan kami dan kami memiliki sejarah panjang di catur dunia khususnya Asia. Persyaratan suatu cabang olahraga bisa dimainkan di SEA Games minimal didukung oleh tiga negara.Nah persyaratan itu bakal dipenuhi karena Indonesia,Vietnam dan Myanmar bakal mendukung,”kata Eugene Torre saat ditemui TribunOlahraga.com sebelum pembukaan Future Champions Chess Indonesia vs Filipina di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) Bekasi,Jabar, Minggu, (10/9/2017).

Namun demikian, lanjut pecatur pertama Asia raih GM itu, ia masih perlu melobi Myanmar. Oleh karenanya, Torre juga minta Indonesia ikut membantu dalam upaya lobi tersebut. Sekembalinya dari even ini, Torre akan melakukan pembicaraan intensif dengan panitia SEA Games 2019.

Olahraga catur terakhir dimainkan di SEA Games 2013 Myanmar di mana Indonesia meraih sukses besar, merebut 5 medali emas, 2  perak dan 2 perunggu. Pada dua SEA Games terakhir, Singapura dan Malaysia,catur tak dimainkan.TOR-08

 

TINGGALKAN KOMENTAR