JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Tampil penuh percaya diri, WOMAN Grand Master Wanita Medina Warda Aulia berhasil menundukkan WGM Janelle Mae Frayna dari Filipina di babak ketiga Dwitarung JAFPA Chess Festival di Wisma Karsa Pemuda Senayan Jakarta, Kamis, (15/11).

Kemenangan ini membuat Medina nemimpin dengan keunggulan 2,5 poin. Dengan menyisakan dua babak lagi, Medina memang harus tampil maksimal agar nilai elorating naik. Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk, catur, tabel, layar dan dalam ruangan

Pecatur gaek MF Irwanto Sadikin terlibat duel keras saat menghadapi yuniornya MF Arie Abdul Hafiz untuk kategori umum JAPFA Chess Festival 2018 (Foto/OLII)

Dalam laga yang berlangsung 1 jam, 20 menit itu, Medina melumpuhkan Raja Janelle di langkah 30.  Medina tampil lebih tenang menjalankan buah putih di permainan kali ini. Menggunakan pembukaan carokhan, pecatur 21 tahun tersebut lebih meyakinkan.

Hal itu terpantau dilangkah ke 20 serangan dari tengah cukup menggebrak pertahanan lawan. Mendapat gempuran bertubi-tubi pecatur Filipina terus kedodoran dalam melakukan pertahanan.Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri

Mengetahui lawan memiliki langkah lebih unggul, Medina mengorbankan pion . Strategi ini cukup jitu dimulai dari langkah ke 21. Tampaknya Janelle tidak sadar posisinya terus mengalami penurunan dengan umpan tiga pion yang diberikan Medina.

“Memberikan umpan tiga pion itulah membuat permainan buah putih saya meningkat menjebak pertahanan lawan. Hal itu yang membuat pecatur Filipina akhirnya mengakui kalah di langkah ke 30,” kata Medina.

Strategi yang dilakukan Medina cukup jitu menghadapi pecatur Filipina. Hal itu diakui wasit catur internasional Agus Subandrijo. Menurut Agus, Medina mampu menarik ulur permainan lawan untuk memimpin jalannya pertandingan.TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR