Laga Indonesia Lawan Filipina Berakhir Tanpa Gol

Laga Indonesia Lawan Filipina Berakhir Tanpa Gol

132
0

Pesepak bola Indonesia Zulfiandi (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Filipina Jovin Hervas (kanan) dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11/2018). Pertandingan ini berakhir dengan skor 0-0. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc)

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)
Laga terakhir Grup B Piala AFF 2018 tim nasional sepak bola Indonesia versus Filipina yang berlangsung di di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, berakhir seri dengan skor 0-0.

Hasil ini membuat Filipina lolos ke semifinal Piala AFF 2018 sebagai peringkat kedua Grup B. Mereka mendampingi juara Grup B Thailand yang di laga lain menaklukkan Singapura dengan skor 3-0 di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Indonesia tampil menguasai pertandingan sejak awal laga kontra Filipina. Namun, justru Filipina yang membuat peluang berbahaya pertama dalam laga tersebut tepatnya pada menit keempat. Beruntung bagi Indonesia, sepakan gelandang Filipina Stephan Schrock hanya menyamping sedikit dari tiang gawang.

Setelah itu, Indonesia mulai bangkit. Memanfaatkan kelincahan dan kecepatan sisi sayap yang diisi Andik Vermansah serta Riko Simanjuntak, skuat Garuda beberapa kali merepotkan pertahanan Filipina.

Peluang datang pada menit ke-13. Gelandang serang naturalisasi Indonesia Stefano Lilipaly mendapatkan bola dari umpan silang, tetapi sepakannya masih melambung jauh dari gawang lawan.

Filipina diterpa kondisi buruk pada menit ke-26 setelah kapten sekaligus penyerang utamanya Philip Younghusband harus ditarik keluar karena cedera. Kepala Younghusband berdarah setelah berbenturan dengan bek Indonesia Fachruddin Aryanto.

Sekitar dua menit kemudian, bek kanan Filipina Martin Steuble melepaskan tembakan melengkung dari sisi kiri pertahanan Indonesia, tetapi dapat diantisipasi dengan baik oleh kiper Andritany Ardhiyasa.

Setelah itu, kedua tim praktis tidak mencatatkan kesempatan emas lainnya. Serangan demi serangan mentok karena rapatnya lini pertahanan masing-masing tim.

Skor imbang 0-0 bertahan sampai pertandingan memasuki jeda.

Di awal paruh kedua, Indonesia tertekan dengan tekanan-tekanan dari Filipina. Bahkan kiper Andritany Ardhiyasa melakukan dua penyelamatan gemilang dalam tempo sekitar satu menit.

Pada menit ke-59 kiper klub Persija Jakarta itu menepis sepakan gelandang Manuel Ott dari jarak dekat dan pada menit ke-60 dia menghalau bola hasil sepakan spekulasi dari tengah lapangan bek Filipina Daisuke Sato.

Indonesia membalas pada menit ke-64, tetapi tendangan Andik Vermansah ditangkan dengan mudah oleh kiper Filipina Michael Falkesgaard.
Filipina hampir saja membuat gol pada menit ke-88 setelah sepakan bebas Manuel Ott mengarah tajam ke gawang Indonesia. Harapan poin pupus usai Andritany kembali menyelamatkan gawangnya dengan refleks gemilang.

Tak ada gol lain tercipta di waktu sisa meski wasit Fu Ming dari China memberikan tambahan waktu empat menit. Skor 0-0 bertahan sampai pertandingan usai.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Indonesia: Andritany Ardhiyasa-pg, Rizki Pora, Hansamu Yama (kapten;, 90′, Ricky Fajrin), Fachrddin Aryanto, I Putu Gede Juni Antara, Zulfiandi, Evan Dimas, Andik Vermansah (71′, Irfan Jaya), Stefano Lilipaly, Riko Simanjuntak, Alberto Goncalves (82′, Dedik Setiawan).

Filipina: Michael Falkesgaard-pg, Carlos Alberto de Murga, Daisuke Caumanday, Martin Markus Steuble, Alvaro Linares Silva, Manuel Ott, Stephan Schrock (81′, James Younghusband), John Strauss, Jovin Hervas (76′, Kevin Ingreso), Patrick Alcala Reichelt, Philip Younghusband (kapten; 26′, Curt-Jordan Perez). TOR-06

TINGGALKAN KOMENTAR