JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

PEMAIN tengah Barcelona Arthur Melo akan bergabung dengan Juventus pada akhir musim dengan transfer senilai 72 juta euro (US $ 81 juta), ditambah 10 juta euro lebih lanjut dalam variabel, klub Spanyol mengumumkan pada Senin.

Sebaliknya pemain Juventus, Miralem Pjanic  diperkirakan akan melakukan sebaliknya dalam kesepakatan terpisah, yang memungkinkan kedua klub untuk meningkatkan angka laba mereka menjelang akhir tahun keuangan pada 30 Juni.

Arthur dan Pjanic akan tetap bersama tim mereka saat ini hingga akhir komoetisi 2019/20, yang akan mencakup tahap knock-out Liga Champions yang direformasi pada Agustus.

Hal itu meningkatkan kemungkinan bahwa Arthur dan Pjanic dapat saling berhadapan, dan klub masa depan mereka, di tahap akhir kompetisi.

“FC Barcelona dan Juventus telah mencapai kesepakatan untuk transfer pemain Arthur Melo. Klub Italia akan membayar 72 juta euro, ditambah 10 juta euro dalam variabel,” Barcelona menegaskan dalam sebuah pernyataan.

“Pemain akan tetap di FC Barcelona sampai kompetisi resmi untuk akhir musim 2019/20.”

Arthur bergabung dengan Barca dari klub Brasil Gremio pada  2018 dan dipuji sebagai bintang masa depan klub, dengan banyak yang menganggapnya sebagai penerus jangka panjang bagi Xavi Hernandez di lini tengah.

Setelah awal yang menggembirakan, pemain berusia 23 tahun itu telah menjadi salah satu dari beberapa pemain yang mengalami stagnasi musim ini, tetapi motivasi utama penjualan Arthur dianggap finansial.

Kepergiannya menempatkan lebih banyak pengawasan di dewan dan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu. Mereka telah mengawasi sejumlah gerakan serampangan di pasar transfer dan telah dituduh gagal menentukan arah klub.

Barcelona terpukul keras oleh skorsing tiga bulan karena endemi virus corona dan mereka perlu mendatangkan sekitar 70 juta euro untuk memenuhi anggaran mereka untuk musim saat ini.

Dengan menjual Arthur, dewan dapat mendaftarkan keuntungan dari transfer segera sebelum menyebarkan pembayaran untuk Pjanic selama kontrak 30 tahun itu.

Tahun lalu, Barca melakukan transaksi serupa dengan menukar kiper Jasper Cillessen dengan Neto Valencia, dengan nilai transaksi masing-masing sekitar 30 juta euro.

Pjanic diperkirakan menelan biaya sekitar 10 juta euro lebih rendah dari jumlah yang dibayarkan Juventus untuk Arthur tetapi mengingat pemain Brasil itu tujuh tahun lebih muda, Italia mungkin merasa mereka memiliki kesepakatan yang lebih baik.

Arthur enggan meninggalkan Camp Nou dan bahkan merilis pernyataan pada April, bersikeras “idenya jelas” dan bahwa ia ingin bermain di Barcelona “selama bertahun-tahun”.

Tapi Arthur dibujuk untuk berubah pikiran setelah diberi waktu permainan terbatas di bawah Quique Setien sementara pelatih Juve Maurizio Sarri dilaporkan telah menjelaskan bahwa ia akan menjadi tokoh kunci di timnya di Turin.

Arthur telah memainkan 72 pertandingan untuk Barcelona, ??termasuk 46 di La Liga dan 13 di Liga Champions.

Setien mengatakan dalam konferensi pers pada hari Senin bahwa playmaker telah berjanji untuk memberikan semua untuk sisa musim ini saat Barcelona terlihat untuk membuat perbedaan dua poin pada Real Madrid di puncak klasemen.

“Kami mengharapkan komitmen terbesar darinya sampai hari terakhir dia di sini,” kata Setien.

“I masih pemain Barcelona hingga akhir musim dan telah berjanji bahwa ia akan memberikan segalanya untuk mencapai tujuan yang telah kita tetapkan. Ia adalah seorang pria yang akan berkomitmen sampai hari terakhir.”TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR