JAKARTA-(TribunOlahraga.com)-
Mencermati perkembangan dan perjalanan sepakbola putri nasional yang hingga saat ini  belum mampu menapaki prestasi tinggi di tingkat internasional, Badan Sepakbola Rakyat Indonesia (BASRI) akan menggelar Turnamen Sepakbola Putri Piala Iriana Jokowi.

Turnamen yang bekerja sama dengan DPP Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (GERCIN), diharapkan mampu menjadi solusi terbaik untuk mengangkat prestasi sepakbola putri. Apalagi potensi sepakbola putri di tanah air cukup menjanjikan.

Sekjen BASRI Tommy R. Arief yang menjadi promotor even ini tengah menunggu waktu audiensi dengan Ibu Negara Iriana Jokowi. “Kita tengah menunggu waktu audiensi dengan Ibu Negara,” jelas Tommy R. Arief.

Dijelaskan bahwa BASRI dan GERCIN memiliki kesamaan visi mendukung komitmen pembangunan pemerintah Presiden Jokowi, khususnya di bidang pengembangan prestasi sepakbola nasional secara keseluruhan.

Hal ini sejalan dengan Inpres No. 3/2019 tanggal 25 Januari 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.”Bersama GERCIN kami sepakat mendukung dan menyukseskan semua program pemerintah,” tegas Tommy.

Konsep dari turnamen ini menurut Tommy Arief dalam bingkai pembinaan. Oleh karenanya BASRI mencoba memulai dari usia 15 tahun melalui Liga Putri U-15 Piala Iriana Jokowi.Pesertanya dari 34 Propinsi .

Sistim pertandingannya menggunakan format dibagi 5 babak yakni babak 1 kualifikasi, babak kedua babak 16 besar, babak ketiga 8 besar, babak keempat semifinal dan final. Babak kualifikasi dibagi beberapa zona dengan format wilayah.

Zona 1 terdiri dari NAD, Sumut, Sumbar dan Sumsel, zona 2 melibatkan Bengkulu, Riau, Kepri dan Jambi, zona 3 meliputi Banten, DKI, Lampung, Babel, zona 4 diikuti Jabar, Jateng, Jatim dan DIY, zona 5 terdapat Bali, NTT, NTB dan Kalbar, zona 6 ada Kalteng, Kaltim, Kalsel dan Kaltara, zona 7 dihuni Sulsel, Sulbar dan Sulteng, zona 8 ditempati Sulut, Sultra dan Gorontalo. Sementara Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat masuk zona 9.

Babak kualifikasi antar zona ini menggunakan sistim setengah kompetisi di mana dua tim terbaik lolos ke babak lanjutan.TOR-06

 

TINGGALKAN KOMENTAR