Laporan Bert Toar Polii
Indonesia akan ikut berpartisipasi di the 2020 FISU World University Championship Mind Sports Online yang rencananya akan diadakan pada tanggal 26-30 Oktober secara online di Bridge Base Online (BBO) demikian disampaikan Ketum PB Gabsi Miranda S Goeltom usai rapat PB Gabsi yang diadakan secara daring.

Event ini dibuat untuk menggantikan the 2020 FISU World University Championship Mind Sports yang tadinya dijadwalkan bulan September 2020 di Bydgoszcz (Polandia) yang terpaksa dibatalkan karena pandemic covid-19.

Selama ini ada dua event yang digelar International University Sport Federation (FISU) bekerjasama dengan World Bridge Federation (WBF), satu offline dan satu lagi online.
Yang offline itu diadakan pada tahun genap sedangkan yang online pada tahun ganjil.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kesepuluh dan Indonesia ikut berpartisipasi pada tahun 2000 di Maastricht Belanda, 2004 di Istanbul, Turki, 2006 di Tianjin China kemudian 2008 di Lodz Polandia dan 2010 di Kaoshiung Taiwan.

Pada tahun 2000 Rk 10 dari 24 dengan pemain FY Hutahaean, Elwindra, Y Kariana; F Cahyadi , Hidayattullah, M Reza dan NPC Tommy Suhendra.Tahun 2004 di Istambul – Turkey meraih peringkat tertinggi Rk 6 dari 15 dengan para pemain M Hidayattullah DP Hutahaean A Kamagi D Louduard A Sugiarto S Tjandra dan NPC alm Arwin Budirahardja.

Kecuali Eduard Buyung, 5 pemain lainnya yang mewakili Indonesia pada tahun 2006 masih aktif bermain, yaitu Kristina Wahyu Murniati, Suci Amita Dewi, Mario Mambu, Cliff Tangkuman dan Arie Maramis. NPC Parpar Priatna.

Peringkat 21 dari 27 Kristana Wahyu Murniati/Suci Amita Dewi kemudian menjadi andalan tim nasional putri Indonesia dengan prestasi puncak dua medali perak Kejuaraan Dunia dan 1 Medali perunggu. Medali perak diraih 2011 di Veldhoven, Belanda dan Kejuaraan Dunia pasangan putri 2014 di Sanya, China. Di Sanya juga mereka meraih medali perunggu tim putri.

Tahun 2008 para pemainnya Arie Maramis, Mario Mambu, Rury Adhani, Daan Elia Mogot, Franciska Ariyani dan Renal Kandijo NPC Bert Toar Polii Peringkat 13 dari 21. Tahun 2010 para pemainnya Yena Wirahma, Edo Rachmat Jallil, M. Taufik. Nurkholil, Daan Elia Mogot dan Renal Kandijo NPC Alm. Donny Tuerah Peringkat 13 dari 14

Untuk Kejuaraan Online yang diadakan setiap tahun ganjil, Indonesia keluar sebagai juara pada 5th Online World Universities Bridge Championships 2016 atas nama FTBC OLD dengan para pemain captain Thedy Setiawan (PC),Hengky C.G, Fajar Pangestu, Dwiki Ramadhan, M.Iqbal Asrafi, Zulpiadi.

Sehubungan dengan rencana untuk berpartisipasi pada the 2020 FISU World University Championship Mind Sports Online, PB Gabsi akan mengadakan seleksi untuk menentukan 5 tim yang akan mewakili Indonesia.

Seleksi rencananya akan digelar pada bulan September 2020 dalam dua weekend, yaitu tanggal 11-13 September untuk babak penyisihan dan babak final pada tanggal 18-20 September 2020. Demikian disampaikan oleh Ronny A Lontoh sebagai Ketua Komite Bridge Online.

Untuk bisa mengikuti seleksi dalam bentuk tim ini, setiap pemain harus terdaftar di salah satu universitas dan berusia 18-25 tahun pada tahun 2020 tepatnya 31 Desember 2020 atau lahir diantara tanggal 01/01/1995 dan 31/12/2002.

Sehubungan dengan aturan yang ketat dari FISU dan WBF maka pada seleksi ini langsung diterapkan sesuai aturan yang akan berlaku nanti. Pertama adalah penggunaan video camera melaui Zoom selama pertandingan, kedua tidak boleh ada penonton, hasil pertandingan juga tidak terlihat selama pertandingan dan terakhir semua prtandingan akan di monitor oleh pemimpin pertandingan.

Selain itu semua pemain diminta untuk menjunjung tinggi Fair Play.Menurut Sekum PB Gabsi, Robert Sianipar, undangan untuk seleksi akan segera diedarkan dan berharap agar Universitas yang ada tim bridge segera mempersiapkan diri.TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR