JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

PIMPINAN klasemen sementara F1, Lewis Hamilton mengembalikan Mercedes ke puncak daftar catatan waktu Formula Satu dalam sesi latihan terakhir Sabtu Grand Prix Belgia, sementara Sebastian Vettel mengakhiri sesi di tempat terakhir pada akhir pekan yang terus memburuk bagi tim Ferrari .

Pebalap Inggris itu, yang kemarin finis di urutan ketiga di belakang pebalap Renault Daniel Ricciardo dan pengatur kecepatan Red Bull Max Verstappen, melesat ke puncak dengan catatan waktu satu menit 43,255 detik pada sore yang dingin di sirkuit Spa-Francorchamps.

Itu membuatnya unggul 0,230 detik dari petenis Prancis Esteban Ocon yang menggantikan rekan setimnya Ricciardo di posisi kedua saat Renault terus menunjukkan janji.

Pebalap Inggris lainnya, Lando Norris, yang memiliki ibu Belgia dan menghabiskan liburan Natalnya di negara itu, berada di urutan ketiga untuk McLaren.

Ferrari yang kesulitan, kurang cepat di garis lurus, tidak mengharapkan terulangnya penampilan dominan tahun lalu di lintasan Spa-Francorchamps berkecepatan tinggi ketika Monegasque Charles Leclerc mencetak kemenangan perdananya di Formula Satu dari posisi terdepan tetapi kurangnya kecepatan mereka tahun ini adalah masih luar biasa.

Leclerc tidak bisa lebih baik dari posisi ke-17 sementara juara empat kali Vettel, yang meninggalkan Ferrari pada akhir tahun ini dan menghadapi masa depan yang tidak pasti, menopang timesheets di urutan ke-20.

Keduanya berada di antara beberapa pembalap yang terhambat oleh mobil yang lebih lambat karena seluruh lapangan berkumpul untuk mempersiapkan putaran terakhir mereka. Tim Italia menghadapi prospek tidak satu pun dari dua mobil mereka yang berhasil melewati fase pertama kualifikasi pada Sabtu malam.

Leclerc dan Vettel berakhir kemarin di urutan ke-15 dan ke-17.

Alexander Albon dari Red Bull berada di urutan keempat pada hari Sabtu, di depan Valtteri Bottas di urutan kelima untuk Mercedes.

Finn Bottas, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-31 pada hari Jumat, menjadi yang tercepat di sesi pertama latihan tetapi mengalami penguncian dan tergelincir pada apa yang seharusnya menjadi lap tercepatnya selama sesi terakhir hari Sabtu.

Penentu kecepatan pada hari Jumat, Verstappen, juga terhambat oleh mobil yang lebih lambat, berada di urutan keenam, di depan Ricciardo, dengan Lance Stroll kedelapan untuk Racing Point.

Carlos Sainz mengambil posisi kesembilan untuk McLaren di depan Sergio Perez di Racing Point lainnya.

Sesi hari Sabtu, yang dimulai dalam kondisi mendung yang kemudian berubah menjadi cerah, berjalan lancar.

Pebalap Haas Kevin Magnussen dan Romain Grosjean keluar lebih awal, melakukan putaran saat mereka mengisi waktu yang hilang setelah masalah mesin membatasi jalan mereka kemarin. Mereka masing-masing berada di urutan ke-14 dan ke-15.

Hamilton, pemenang empat dari enam balapan musim ini, memimpin Verstappen dengan 37 poin di klasemen keseluruhan dengan 11 dari 17 balapan musim ini masih berjalan. TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR