JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

Setelah melalui urun rembuk dengan keluarga, jenazah almarhum Eduardus Nabunome akan dimakamkan di Desa Kaeneno Kecamatan Faut Molo Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Nusa Tenggara Timur. Menurut rencana jenazah legenda atletik Indonesia itu akan diberangkatkan dari rumah duka pukul 03.00 WIB menuju NTT dengan menggunakan pesawat.

Menurut keterangan Maria Lawalata, mantan atlet marathon putri nasional yang juga rekan sejawat almarhum Eduardus, pemerintah NTT yang memohon langsung kepada keluarga besar Eduardus agar peraih hat-trick tiga medali emas SEA Games nomor lari 10.000 meter dimakamkan di kampung halamannya.

”Ya memang semula akan dimakamkan di Pondok Rangon Jakarta Timur. Namun atas permintaan pemerintah NTT khususnya Kabupaten TTS, Bang Edu dimakamkan di kampung halamannya. Semua biaya keberangkatan ke NTT ditanggung semuanya oleh pemerintah NTT,”ujar peraih medali emas penentu kontingen Indonesia pertahankan gelar juara umum SEA Games 1991 Manila, Filipina ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Eduardus Nabunome menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Medistra Gatot Subroto Jakarta, Senin, (12/10/2020) pukul 21.20 malam. Edu begitu ayah 5 anak itu disapa mengidap penyakit jantung dan pencairan pada paru-parunya.

Eduardus Nabunome meninggalkan seorang isteri tercinta Marcelina Ina Piran yang juga mantan atlet dan kelima orang anaknya, Welhelmina Stephani Nenolentha Nabunome, J.A.J Kolvin Nabunome, Aprilia Ena Solenita Nabunume, Aphenungsy Tiloza Nabunome, Theresia S Lininta Nabunome dan Efrogina Tiamar Esmerelda Nabunome dan seorang cucu, King Seab Cornelis Umbu Roka Lakimara.

Dalam proses pemakaman Eduardus di NTT itu akan dilakukan secara adat. Semua rombongan dari Jakarta terlebih dahulu menjalani tes covid (Rapid Test). TOR-08

TINGGALKAN KOMENTAR