JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

LEWIS Hamilton menyalip Michael Schumacher sebagai pebalap Formula Satu paling sukses sepanjang masa dalam hal kemenangan balapan pada Minggu dan kemenangan ke-92 pebalap asal Inggris itu, di Portugal, menambahkan negara lain ke peta dominasi globalnya.

Juara dunia enam kali, pasti akan segera menjadi tujuh kali, telah menang di lebih banyak negara daripada siapa pun dalam sejarah olahraga dan Portugal, menjadi tuan rumah grand prix untuk pertama kalinya dalam 24 tahun, menaikkan penghitungan itu menjadi 24.

Pembalap, yang belum memperpanjang kontraknya di luar musim ini tetapi ingin tetap bertahan, dapat menambah jumlah kemenenangannya tahun depan dengan Vietnam akan melakukan debutnya sementara Belanda kembali untuk pertama kalinya sejak 1985.

Balapan di Arab Saudi juga dapat ditampilkan di kalender untuk pertama kalinya. Beberapa balapan lolos dari dominasi Hamilton, tetapi Korea Selatan dan India berhasil.

Hamilton telah memenangkan setidaknya satu balapan di setiap musim yang dia ikuti sejak debutnya dengan McLaren pada 2007, rata-rata 10 tahun bersama Mercedes sejak dimulainya era hybrid turbo V6 pada 2014. Kemenangan pertama datang di Kanada di Montreal’s Circuit Gilles Villeneuve pada 10 Juni 2007.

Trek itu telah menjadi favorit, pemain berusia 35 tahun itu menang total tujuh kali di sana. Nomor 10 diraih di Hongaria pada 2009, musim terburuknya sejauh ini dalam hal kemenangan dengan hanya dua. Pebalap Inggris itu menang delapan kali di Hungaroring.

Schumacher adalah satu-satunya pembalap lain yang memenangkan grand prix yang sama delapan kali, melakukannya di Prancis antara 1994 dan 2006. Kemenangan ke-20 Hamilton terjadi di Monza pada 2012 dan ke-30 di Jepang pada 2014, balapan yang dibayangi oleh kecelakaan fatal Jules Bianchi. .

Hamilton mencatat 40 kemenangan – satu lebih sedikit dari total penghitungan karir pahlawan masa kecil Ayrton Senna – di Monza lagi pada 2015, dan mencapai setengah abadnya dengan kesuksesan pole-to-flag di Austin, Texas, pada 2016. Yang ke-60 datang di Singapura pada tahun berikutnya dan ke-70 di Rusia pada 2018.

Kemenangan ke-80 dipuji oleh fans tuan rumah tahun lalu di Silverstone, sirkuit di mana ia kini telah menang tujuh kali, dan kemenangan ke-90 diraih di Mugello di Italia pada bulan September. Hamilton kemudian menyamai rekor sepanjang masa Schumacher dengan kemenangan ke-91 di Nuerburgring, trek yang paling dekat dengan rumah masa kecil orang Jerman itu di Kerpen.

Schumacher hebat Ferrari meraih 91 kemenangannya antara 1992 dan 2006. 24 negara Lewis Hamilton: Abu Dhabi, Australia, Austria, Azerbaijan, Bahrain, Belgia, Brasil, Inggris, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, Hongaria, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Monaco, Portugal, Turki, Singapura, Spanyol, Rusia, Amerika Serikat.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR