JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

NOMOR satu dunia, Novak Djokovic memprediksi petenis remaja asal Italia Jannik Sinner memimpin kelompok pemain ‘Next Gen’ dengan potensi menjadi nomor satu dunia di masa depan, kata pemain Serbia itu setelah mengamankan peringkat teratas akhir tahun dengan kemenangan di Wina pada Rabu.

Djokovic menyelamatkan empat set poin dalam pertandingan pembuka melawan petenis Kroasia Borna Coric untuk menang 7-6 (11) 6-3 untuk mencapai putaran ketiga Erste Bank Open di ibukota Austria.

Kemenangan itu membuat juara Grand Slam 17 kali itu hanya bisa berhenti mengikatkan rekor finis Pete Sampras sebagai penghujung tahun nomor 1 untuk keenam kalinya jika Rafael Nadal menerima wild card untuk berlaga di Sofia bulan depan.

Sinner yang berusia 19 tahun memenangkan Final ATP Generasi Berikutnya pada 2019 dan saat ini berada di peringkat tertinggi dalam karir 43, setelah mencapai perempat final Grand Slam perdananya di Prancis Terbuka bulan ini.

“Saya pasti melihat banyak kualitas pemain muda,” kata Djokovic. “(Sinner) pasti memiliki permainan yang kuat dan dengan banyak kualitas, dan Anda dapat mengatakan dia memiliki potensi untuk menjadi pemain top dunia.

“Orang berdosa jelas, menurut saya, pemimpin dari orang-orang yang lebih muda dari (Alexander) Zverev dan (Stefanos) Tsitsipas, yang menurut pendapat banyak ahli adalah pemain top ‘top’ berikutnya.”

Sementara, Zverev berusia 23 tahun, mencapai final US Open di New York dan setahun lebih tua dari Tsitsipas dari Yunani dan mereka telah memenangkan dua edisi Final ATP akhir musim sebelumnya, acara terbesar dalam tenis pria di luar Slam.

Djokovic merasa duo itu sudah menjadi pemain mapan dan perlu mempertahankan penampilan mereka selama beberapa waktu untuk merebut peringkat teratas.

Banyak hal yang harus disatukan dalam karir dan kehidupan seorang petenis agar dia dapat menemukan yang terbaik dan memaksimalkan potensinya dan berkembang setiap tahun, kata Djokovic.

“Dan untuk bertahan, karena saya pikir Anda memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk menjalani Grand Slam atau musim yang hebat. Tapi bisakah Anda bertahan selama tiga, empat, lima, 10 tahun? Lima belas tahun?”TOR-05

 

TINGGALKAN KOMENTAR