JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

PEBALAP asal Inggris Lewis Hamilton akhirnya meraih rekor kejuaraan dunia ketujuh yang menyamai rekor dan menjadi pebalap paling sukses di Formula Satu sepanjang masa setelah memenangi Grand Prix Turki yang basah dan licin pada Minggu.

Pebalap Mercedes berusia 35 tahun itu menyamai tujuh gelar hebat Ferrari Michael Schumacher dalam gaya, mengalahkan saingan tunggal dan rekan setimnya Valtteri Bottas pada sore mimpi buruk bagi pebalap Finlandia yang berputar itu.

Hamilton sudah memiliki lebih banyak kemenangan balapan, posisi terdepan dan podium daripada pembalap lain dalam sejarah olahraga ini.

“Terima kasih banyak teman-teman … itu untuk semua anak di luar sana yang memimpikan hal yang mustahil. Kamu juga bisa melakukannya, aku percaya pada kalian,” teriaknya melalui radio setelah mengambil bendera kotak-kotak.

Hamilton diberi selamat setelah diparkir oleh finisher urutan kedua Sergio Perez, untuk Racing Point, dan pembalap Ferrari Sebastian Vettel yang menyelesaikan podium dalam balapan penuh putaran dan pergantian keunggulan.

Kemenangan tersebut merupakan yang ke-94 dalam karir Hamilton, tiga kali lebih banyak dari yang berhasil diraih Schumacher, dan datang setelah ia memulai di posisi keenam dan kemudian memberikan masterclass skill dan manajemen ban.

Bottas, yang pulang ke-14 setelah mengatakan empat lap dari akhir bahwa ia berharap balapan sudah berakhir, juga mengucapkan selamat saat Hamilton merayakannya dengan rekan satu timnya yang gembira.

Mercedes telah memenangkan kejuaraan konstruktor selama tujuh tahun berturut-turut.TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR