Javier Fortuna.

JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

JAVIER ‘El Abejon’ Fortuna (36-2-1, 25 KO) yang notabene mantan juara kelas bulu super [59kg] WBA dan kini peringkat 2 kelas ringan [61,2kg] WBC, mencatat kemenangan impresif di Staples Center, Los Angeles, Sabtu (21/11) malam.

Senin (23/11) waktu setempat, promotor Sampson Lewkociz mulai bergerilya untuk mempertemukan Fortuna dengan juara kelas ringan WBC Devin Haney (25-0-0, 15 KO). Haney bertarung dengan Yuriorkis Gamboa, 7 November 2020, untuk mempertahankan gelarnya di Florida. Ia menang angka mutlak.

Lewkowiczs punya dasar kuat untuk meminta WBC mempertemukan Haney dengan Fortuna, petinju berusia 31 asal Rep Dominika.

Setelah menang [TKO ronde 2] atas peringkat 1 WBC Jesus Cuellar, November 2019, Fortuna dijadwalkan bertemu Luke Campbell, April 2020 untuk perebutan gelar lowong kelas ringan WBC karena Haney cedera punggung dan statusnya menjadi champion in recess.

Duel Luke Campbell (kiri) dan Javier Fortuna tak kesampaian.

Namun, duél Fortuna-Campbell batal digelar karena wabah Covid-19, sementara Haney pun dinyatakan sembuh dari cedera. Statusnya pun dikembalikan sebagai juara sekaligus mendapat peluang melakukan pertarungan voluntary atau choice –bukan lawan wajib atau mandatory.

Meskipun demikian, Fortuna tetap dijadwalkan jumpa Campbell untuk perebutan gelar interim (sementara). Pemenang Fortuna-Campbell diharuskan bertarung dengan pemenang Haney vs TBC.

Tapi, duél Fortuna-Campbell gagal karena promotor Campbell, Eddie Hearn, lebih suka mempertemukan Haney dengan Campbell dan menyisihkan penantang No 1 Fortuna.

Pada saat Fortuna tengah mencari lawan lain, Golden Boy Promotions kemudian menawarkan pertarungan dengan peringkat 3 kelas ringan WBC, Ryan Garcia. Fortuna menyambut baik tawaran itu, tapi masalahnya Garcia ogah bertarung dengan Fortuna.

Rencana duel Javier Fortuna dan Jorge Linares (kiri) juga batal.

Lewkowiczs lantas mengupayakan Fortuna jumpa Jorge Linares (47-5-0, 29 KO), peringkat 5 WBC sekaligus mantan juara dunia di tiga kelas. WBC menyiapkan sabuk WBC Diamond untuk duél yang dijadwalkan Agustus 2020. Sayangnya, beberapa pekan jelang pertarungan, Linares dikabarkan positif Covid-19.

Waktu terus berjalan. Haney pun akhirnya melakukan pertarungan voluntary dan menang angka atas Gamboa, November 2020, sementara Garcia akan bertarung dengan Campbell yang waktunya diundurkan ke Januari 2021.

Posisi Fortuna merosot ke posisi 2 kelas ringan WBC, digeser Vasyl Lomachenko, juara dunia yang kalah dari Teofimo Lopez.

Fortuna akhirnya bisa bertarung juga. Ia menghentikan petinju Meksiko, Antonio Lozada Torres di ronde 6.

Kemenangan itulah yang membuat Lewkowiczs kembali meminta Fortuna jumpa Haney, sementara Lomachenko pun tengah berjuang untuk mendapatkan rematch dengan Teo Lopez. Jadi, sepertinya tak ada lagi hambatan bagi Fortuna untuk bertemu Haney.

“Sepanjang kariérnya, Javier Fortuna meladeni siapa pun yang mau bertarung dengannya,” ujar Le”kowicz. “Ia nampak sensasional ketika mengalahkan Lozada dan sudah menjadi penantang utama sejak lama.”

“Ia layak bertarung dengan Haney sesegera mungkin. Saya yakin WBC akan memperkenankan duél yang lama ditunggu Fortuna ini.”TOR-05

Sumber: Fightnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR