JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

MANAJER Barcelona Ronald Koeman memutuskan untuk mengistirahatkan Lionel Messi dalam perjalanan laga Liga Champions Selasa ke Dynamo Kyiv.

Barca kehilangan Gerard Pique dan Sergi Roberto karena cedera serius dalam kekalahan 1-0 hari Sabtu dari Atletico Madrid di La Liga, membuat mereka hanya memiliki tiga bek di skuad tim utama untuk perjalanan ke Ukraina.

Sementara kekalahan dari Atletico memastikan awal terburuk mereka untuk musim La Liga dalam 29 tahun, Barca terbang tinggi di Eropa dengan tiga kemenangan dari tiga di Grup G dan kemenangan melawan Dynamo akan memastikan tempat mereka di 16 besar.

Koeman mengatakan posisi kuat timnya di Grup G berada di belakangnya mengistirahatkan Messi dan gelandang Belanda Frenkie De Jong, tetapi dia juga memperhatikan jadwal sepak bola yang tak kenal ampun, mengatakan penyelenggara global FIFA dan rekan Eropa UEFA harus mengambil tindakan.

“Kadang-kadang Anda perlu melindungi para pemain karena kalender pertandingan luar biasa,” kata Koeman dalam konferensi pers virtual, Senin.

“Kami pikir ini momen yang bagus untuk mengistirahatkan Leo dan Frenkie karena sebagian besar pemain kami bermain setiap menit dengan kami dan kemudian mereka bermain dengan tim nasional dan Messi mengalami perjalanan yang sulit kembali dari Amerika Selatan (setelah bermain untuk Argentina).”

Jadwal sepakbola Eropa yang melelahkan, yang semakin diperparah oleh pandemi Covid-19, telah mendapat pengawasan baru baru-baru ini karena meningkatnya cedera.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp membidik penyiar Sky dan BT pada hari Minggu atas penjadwalan pertandingan, sementara pelatih Real Madrid Zinedine Zidane juga mengatakan ada terlalu banyak pertandingan.

“Tidak mungkin menjaga para pemain tetap fit,” tambah Koeman.

“Lihat contoh Sergi Roberto, penyebab dia cedera karena terlalu banyak bermain. Semua orang tahu ini, tetapi kami tetap harus terus memainkan sejumlah permainan ini, ini luar biasa.

“Sudah waktunya bagi UEFA, FIFA untuk memikirkan tentang apa yang mereka lakukan terhadap para pemain sepak bola, jumlah pertandingan yang mereka butuhkan untuk dimainkan adalah hal yang gila.”

Koeman menambahkan bahwa bek berusia 21 tahun Oscar Mingueza dapat menjalani debutnya di Barca melawan Dynamo karena kurangnya pilihan tim di belakang, dengan Samuel Umtiti dan Ronald Araujo masih mengalami cedera. TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR