JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

KLUB-KLUB Liga Inggris berharap dapat menyambut kembali para penonton dalam jumlah yang sangat terbatas bulan depan untuk pertama kalinya sejak Maret, menyusul pengumuman pemerintah Inggris kemarin.

Hingga 4.000 orang dapat kembali ke stadion olahraga luar ruangan di beberapa bagian Inggris yang diklasifikasikan sebagai berisiko rendah dari virus corona mulai 2 Desember, kata pemerintah, yang mengizinkan dimulainya kembali kehadiran di sepak bola, rugby, dan perlombaan di antara olahraga lainnya.

Batas atas penonton akan ditetapkan pada 4.000 atau setengah dari kapasitas stadion, mana saja yang lebih rendah, di bagian “tingkat satu” yang berisiko paling rendah di negara itu setelah penguncian yang lebih ketat karena pandemi berakhir, kata pemerintah.

Di wilayah “tingkat dua”, batasnya akan menjadi 2.000 di luar ruangan, atau setengah dari kapasitas, katanya.

Di wilayah “tingkat tiga” tertinggi di mana Covid-19 tetap akut, tidak ada penonton yang diizinkan.

Beberapa acara percontohan telah diadakan dengan penonton, seperti pertandingan kriket di The Oval, sementara Brighton menjamu Chelsea sebelum Liga Premier musim ini berlangsung.

Namun, liga sepak bola dan rugby Inggris, serta tempat pacuan kuda, belum mengizinkan penonton sejak penguncian pertama dimulai pada bulan Maret.

Rugbi dan balap di antara olahraga yang menerima bantuan keuangan dari pemerintah pekan lalu.

Olahraga yang menghadapi kerugian finansial sebagai akibat dari tidak adanya penggemar dari stadion dapat mengakses pinjaman dan hibah ‘Winter Survival Package’ senilai £ 300 juta.

Pemerintah mengatakan akan menguraikan wilayah mana di Inggris yang akan duduk di tingkat mana pada Kamis, berdasarkan data Covid mingguan terbaru.

Sebelum penguncian saat ini, sebagian besar negara termasuk London berada di tingkat dua.

Tetapi tiga dari klub Liga Premier terbesar – Liverpool, Manchester United, dan Manchester City – berada di area tingkat tiga tertinggi, jadi masih harus dilihat apakah mereka akan diizinkan untuk menerima penggemar setelah 2 Desember.

Pemerintah mengatakan bahwa di mana penonton diperbolehkan, hanya fans tuan rumah yang akan diizinkan, untuk mencegah perjalanan yang tidak perlu dengan transportasi umum oleh fans lawan.

‘Jalan menuju normalitas’

Pimpinan Liga Primer menyambut baik berita tersebut, sambil memperjelas hanya kembali ke kerumunan yang lebih besar yang akan meringankan masalah keuangan olahraga.

“Fans sangat dirindukan di pertandingan Liga Primer dan oleh karena itu kami menyambut baik pengumuman Perdana Menteri hari ini mengenai kembalinya pendukung untuk pertama kalinya sejak Maret, meskipun dalam jumlah kecil,” kata sebuah pernyataan.

“Ambisi kami tetap bekerja dengan Pemerintah untuk meningkatkan kehadiran ke tingkat yang lebih substansial. Sampai ini dapat dilakukan, banyak penggemar tidak dapat menghadiri pertandingan dan klub kami akan terus menyelenggarakan pertandingan dengan kerugian finansial.

“Klub Liga Primer memiliki rekam jejak yang terbukti dalam mencapai standar keamanan hayati yang tinggi dan kami yakin kami dapat memainkan peran penting dalam inisiatif pengujian perubahan haluan cepat Pemerintah.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Pemerintah dalam langkah mereka selanjutnya.”

Football League, yang klubnya telah terpukul keras oleh hilangnya pendapatan pada hari pertandingan sejak Maret, mengatakan: “Sementara berita hari ini tunduk pada batasan regional, itu adalah langkah penting dalam mencapai kembali normal, di samping itu penting untuk mengatasi kesenjangan pendapatan yang signifikan yang ditinggalkan oleh kurangnya penonton dan aliran pendapatan lainnya sebagai akibat dari pandemi. ”

Asosiasi Sepakbola menambahkan: “Kami sangat senang melihat awal kembalinya penggemar yang aman di stadion untuk acara olahraga elit dan konfirmasi bahwa penonton di olahraga non-elit akan dapat menghadiri acara sesuai dengan panduan Covid-secure untuk setiap tingkatan. . ”

Fans lega mendengar stadion akan dibuka pada akhirnya dan Asosiasi Suporter Sepakbola berkata: “Klub, liga dan Otoritas Keamanan Lapangan Olahraga telah bekerja keras untuk menerapkan prosedur untuk membuat stadion menjadi tempat yang aman dan kami berharap ini adalah langkah pertama. jalan kembali ke normalitas. ”

Batas acara dalam ruangan di tingkat satu dan dua wilayah akan ditetapkan pada 1.000, kata pemerintah.

Ada juga kabar baik untuk olahraga akar rumput seperti sepak bola anak-anak di luar sekolah akan dapat dilanjutkan setelah ditutup pada 5 November. TOR-03

TINGGALKAN KOMENTAR