JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

PIHAK penyelenggara Australia Terbuka 2021 tudak akan memberikan perlakuan istimewa kepada petenis Andy Murray dan tetap menjalani tes Covid-19 jika ia terbang ke Australia. 

Mantan petenis nomor satu dunia itu akan melakukan perjalanan ke Melbourne dengan salah satu dari serangkaian penerbangan charter yang dilakukan oleh penyelenggara turnamen, tetapi terungkap pada Kamis bahwa ia telah menjalani tes dengan hasil positif.

Saat ini, ia mengisolasi diri di rumahnya di London, dan menimbulkan keraguan besar apakah ia akan tampil di Australia Terbuka 2021.

Kantor berita Asosiasi Pers Inggris mengatakan pemenang tiga kali itu, tampaknya dalam keadaan sehat, berharap untuk tiba di Australia di kemudian hari. Tetapi menteri kesehatan negara bagian Victoria Martin Foley mengatakan pria asal Skotlandia itu tidak akan mendapatkan bantuan khusus.

“Mengenai Mr. Murray, kami telah menjelaskan sejak awal bahwa siapa pun yang dites positif tidak dapat menjadi bagian dari program yang datang ke Melbourne dan Australia,” katanya kepada wartawan.

“Ia dan 1.240 orang lainnya sebagai bagian dari program, perlu menunjukkan bahwa jika mereka datang ke Melbourne, dengan hasil tes mereka negatif. Jadi jika Mr. Murray datang, dan saya tidak memiliki indikasi bahwa ia akan datang, ia akan tunduk pada pengaturan ketat yang sama seperti orang lain. Jika dia dinyatakan positif sebelum mencoba untuk datang ke Australia, dia akan ditolak. ”

Murray mendapat jatah wildcard di turnamen ini, berharap untuk membuat penampilan pertamanya di Melbourne sejak 2019, ketika ia mengalami cedera  pinggul kanannya dan kemungkinan untuk pensiun dalam waktu dekat.

Lebih dari 1.200 pemain dan staf pendukung telah mulai berdatangan untuk karantina 14 hari menjelang turnamen yang tertunda, yang akan dimulai pada 8 Februari.

Mereka disambut oleh petugas keamanan bio secure  yang mengenakan alat pelindung diri, sebelum dibawa ke karantina hotel. Petenis hanya diizinkan masuk ke negara dengan bukti tes negatif sebelum keberangkatan, atau dengan persetujuan sebagai kasus yang dipulihkan atas kebijaksanaan pemerintah Australia.

Aturan itu diterapkan pada petenis Amerika nomor 50 dunia Tennys Sandgren, yang diizinkan terbang dari Los Angeles Kamis meskipun di Twitter dia dinyatakan positif minggu ini. Itu adalah hasil positif keduanya, setelah didiagnosis dengan Covid-19 pada November.

“Mr.Sandgren tidak menular. Infeksinya bersifat historis, ”kata Foley.

“Jadi, ia memenuhi kriteria kesehatan ketat yang telah ditetapkan. Turnamen tersebut telah kehilangan beberapa pemain kunci, seperti Roger Federer absen karena cedera dan petenis nomor 25 dunia John Isner memilih untuk tidak bepergian karena pembatasan virus corona.

Selain itu, petenis Amerika nomor 16 dunia Madison Keys mengatakan ia juga dinyatakan positif dan tidak akan bermain. Sementara itu, petenis nomor tiga dunia Dominic Thiem tiba tanpa pelatih Nicolas Massu, yang juga dinyatakan positif, dan superstar Spanyol Rafael Nadal kehilangan pelatihnya Carlos Moya yang memutuskan untuk tidak berangkat ke Australia. TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR