Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB.PASI) akan menggelar Kongres secara virtual pada 25 Januari 2021 ini di Kantor KOI Gedung FX Senayan Jakarta.Kongres PASI 2021 ini salah satu agenda besarnya memilih Ketua Umum PB.PASI periode 2021-2025 pengganti Bob Hasan yang wafat 30 Marer 2020 lalu.

Sepeninggal Bob Hasan PB.PASI dikendalikan pejabat pelaksana (plt) Ketua Umum, Mayjen TNI (Purn) Zaki Anwar Makarim. Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI ini sejatinya mempersiapkan Kongres PASI. Namun fakta membuktikan peran Zaki tidak tampak. Jelas Kongres ini justru peran Sekjen.PASI Tigor Tanjung amat menonjol.

Bahkan Tigor terkesan melakukan.manuver secara terbuka dengan menggiring opini untuk mendukung Luhut Binsar Panjaitan (LBP) sebagai Ketua Umum PB.PASI pengganti Bob Hasan. Manuver Tigor Tanjung ini awalnya kurang diterima oleh Pengprov PASI sebagai pemilik suara di Kongres nanti.

Namun belakangan Pengprov melunak setelah ada pernyataan resmi LBP melalui surat dengan kop surat Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Rabu, (20/1/2021.

Dalam surat itu LBP siap dan bersedia memimpin PB.PASI dengan segala beban.tanggungjawab yang siap menghadang termasuk masalah pendanaan.Surat itu.menjadi senjata bagi LBP untuk meyakinkan daerah. Dan tampaknya daerah pun dalam posisi untuk menerima. Setidaknya daerah melihat ada kesungguhan dan keseriusan LBP memimpin PB.PASI empat tahun ke depan.

Dengan posisinya sebagai Menko yang sangat berpengaruh dalam pemerintahan periode kedua Jokowi, LBP diyakini mampu mengatasi kendala pendanaan untuk menopang jalannya pembinaan atletik Indonesia.

Untuk mendapatkan sosok Ketua Umum PB.PASi seperti Bob Hasan memang rada-rada sulit. Dedikasi dan pengorbanan Bob Hasan untuk atletik Indonesia sudah tak terhingga. Oleh karenanya daerah pun tak berlebihan jika mereka berharap LBP bisa memberikan nafas baru.

Kongres PASI tinggal.hitungan.hari dan tidak ada tanda-tanda akan ada figur lain mencalonkan diri atau dicalonkan. Apalagi sudah dimunculkan nama LBP yang hampir dipastikan menjadi calon tunggal.
Selamat berkongres. (Suharto Olii)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR