JAKARTA-(TribunOlahraga.com)

MESKI dikenal sebagai petinju legendaris Amerika di masa jayanya, Roy Jones Jr tak ingin menduplikasi dirinya pada Chris Eubank Jr, anak asuh barunya asal Inggris.

Eubank Jr akan naik ring, Sabtu (1/5), setelah 16 bulan absen. Ia akan bertarung melawan Marcus Morrison di Manchester Arena. Jones Jr akan berada di sudut ring sebagai cornerman.

Buat Jones Jr, ini jadi awal ujian dirinya sebagai pelatih Eubank Jr. Ia bertekad membimbing kariér Eubank Jr ke jalur yang tepat, yang bisa membawanya bahkan lebih baik dari ayahnya, petinju legendaris Inggris Chris Eubank Sr.

Tapi, sekali lagi, Jones Jr bukan ingin menduplikasi dirinya pada Eubank Jr meski ia dikenal sebagai petinju kelas menengah pertama yang kemudian menjadi juara kelas berat dalam 106 tahun sejarah tinju. Jones Jr takkan menelorkan gaya unik dirinya pada diri Eubank Jr.

“Saya berbeda dari kebanyakan orang karena segera saya tahu bahwa mereka mengharapkan saya mencoba mengajar orang menjadi seperti saya. Tidak, saya harus bekerja dengan DNA Anda. DNA semua orang berbeda,” kata Jones Jr kepada kantor berita PA.

“Orang-orang tertentu akan mendapatkan hal-hal tertentu lebih baik daripada orang lain karena genetika mereka. Saya tidak mencoba mengajari orang untuk menjadi seperti saya, saya lebih suka mengajari orang untuk memaksimalkan DNA mereka, genetika mereka.”

“Ketika Anda mendapatkan seseorang seperti Chris yang sudah mencapai banyak hal, Anda tidak bisa masuk ke sana dan memberi tahu mereka, ‘semua yang Anda lakukan adalah sampah’. Itu tidak benar. Untuk orang seperti Chris, yang bisa Anda lakukan adalah memberikan penambahan-penambahan.”

“Saya ingin membuatnya menjadi petarung yang lebih seimbang. Ia memiliki banyak kecenderungan di mana ia bertarung dan kemudian berhenti. Saya membutuhkannya untuk mempercepat, memperlambat, mempercepat, memperlambat, bukan bertarung menyerang lalu berhenti.”

Eubank Jr telah mengembangkan reputasi dengan mengabaikan nasihat dari pelatih sebelumnya – dan dia mengakui “sulit bagi saya untuk mempercayai seseorang yang kurang berbakat” – tetapi sikapnya mengejutkan Jones Jr selama mereka bersama.

“Saya pikir ia paling akan datang selama sepekan tapi setahun kemudian ternyata masih di sini! Saya suka ketika orang-orang cukup menyukai permainan sehingga mereka ingin belajar dan ia salah satu dari orang-orang ini yang ingin belajar. Saya sangat menikmati itu tentang dia,” beber Jones Jr.

“Tetapi ketika ia datang, ia tidak hanya mendengarkan. Setiap kali ada istirahat ia yang pertama kembali. Saya terpikat oleh hal itu karena itu berarti ia ingin belajar.”TOR-05

TINGGALKAN KOMENTAR